Kali ini saya akan berbagi alasan bagi kalian yang sedang mencari motor terutama motor matic. Kalau selama ini kalian hanya tau dengan matic dari merek yamaha yaitu mio series, soul, dan xeon sedangkan dari honda beat series, scoopy, dan vario series, maka kali ini saya akan mengulas kenapa kalian tidak memasukkan nama suzuki hayate sebagai daftar list pencarian motor matic.
Hal ini dialami oleh keluarga saya sendiri, ketika mama saya ingin membeli motor matic. Beliau minta motor matic yang tipe besar agar muat buat boncengan orang banyak. Dan pilihan mamaku jatuh pada yamaha xeon. Sebagai anak yang berbakti (cieeee...) maka saya tidak tinggal diam. Saya pun berusaha mencarikan informasi seputar motor matic tipe besar, dan banyak yang rekomendasikan untuk mengambil suzuki hayate. Setelah bermusyawarah dengan kelauarga akhirnya sepakat untuk mengambil suzuki hayate dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya.
Tepat tanggal 30 nopember 2013 saya pesan suzuki hayate tapi hari sudah menjelang sore dan kebetulan itu hari sabtu, akhirnya pihak suzuki menyanggupi untuk mengirim suzuki hayate pada hari senin tanggal 2 desember 2013. Dan ketika suzuki hayate yang saya pesan sudah datang, test ride beberapa saat dan inilah alasan kuat kenapa kalian dan saya harus memasukkan nama suzuki hayate dalam list motor matic yang akan dibeli.
1. Body besar
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
Yupz, body besar inilah yang menjadi salah satu andalan dari suzuki hayate. Dan menurut saya, jauh lebih besar dari yamaha xeon dan hampir sama dengan honda vario 125. Dengan bentuk jok yang panjang dan lebar akan lebih terasa nyaman dalam berkendara. Mengingat-ingat matic kelas premium dari honda juga memiliki body yang besar, seperti honda pcx dan airblade. Body besar dan berat ini juga memberi pengaruh pada kestabilan motor saat dikendarai.
2. Double Shock, Double Nyaman
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
Ini adalah salah satu senjata utama suzuki hayate, double shock. Kalau kalian perhatikan hanya produk suzuki yang berani memberi double shock pada shock belakang matic ini dengan harga dibawah 16juta. Karena setahu saya produk honda membuat matic double shock belakang dengan harga yang sangat mahal, diantaranya honda pcx 150 sekitar 37juta dan honda air blade sekitar 25juta. Sangat jauh lebih murah dengan suzuki hayate yang dibanderol dibawah 16 juta. Kenapa produk matic premium milik honda menggunakan double shock pada shock belakang? Salah satunya adalaha para insinyur honda setuju dengan menggunakan double shock pada shock belakang membuat motor matic jauh lebih stabil dari motor matic single shock pada shock belakang seperti vario series, mio series, beat series, xeon, scoopy, spacy, spin, skydrive dll. Dan insinyur suzuki sudah memikirkan hal itu pada produk mereka sebelum hayate yaitu suzuki skywave dan tetap dipertahankan pada suzuki hayate. Efeknya bagaimana? Mantap bro, motor sangat sangat sangat stabil ketika saya ajak menikung parabolik, belok dengan gaya rebahan ala rossi, heheee... Bagian belakang motor tidak geyol-geyol. Benar-benar bukan isapan jempol belaka dengan apa yang dijanjikan suzuki hayate dengan double shocknya. Shocknya juga nyaman, tidak terlalu keras (lebih keras vega saya), juga tidak mentul-mentul seperti shock honda revo (karena sering naik motor ini). Intinya pas lah redaman yang dihasilkan oleh shock suzuki hayate ini. 4 jempol buat desainer dan insinyur suzuki hayate..
3. Velg Dengan Ring 16"
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
Ini juga salah satu penyumbang kestabilan motor. Velg dengan diameter ring 16", lebih besar daripada matic pada umumnya yaitu 14". Sehingga naik diatas hayate serasa naik motor bebek, lebih tinggi dan jelas tidak mudah nyangkut di polisi tidur karena jarak antara motor dan tanah lumayan tinggi.
4. Bagasi Ukuran Jumbo
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
Dalam foto tersebut terdapat 1 jas hujan dan 1 kanebo, terlihat masih tersisa banyak ruang untuk menaruh barang-barang. Seperti kamera DSLR dan beberapa lensa, atau beberapa jas hujan, bahkan untuk helm half face bisa dimasukkan tapi tidak semua helm half face bisa ditampung.
5. Tangki 5 Liter
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
Dari data spesifikasi resmi suzuki, memang untuk kapasitas tangki suzuki hayate sebesar 5 liter. Saya belum bisa memastikan karena memang tidak pernah kosong isi tangkinya. Tapi setidaknya ketika posisi jarum bensin menunjukkan E saya isi full tangki habis Rp. 25.000.
Itulah 5 keunggulan suzuki hayate daripada matic yang lain. Semoga bisa memberikan gambaran secara jelas kepada calon konsumen yang akan membeli motor matic. Mungkin suzuki hayate bisa dijadikan opsi lain selain matic honda dan yamaha.
Berikut ini beberapa foto detail suzuki hayate
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
Iseng-iseng membandingkan dengan honda vario 110 cbs pas di parkiran motor..
![]() |
klik gambar untuk memperbesar |
Lagi kepikiran matic offroad trail...tapi masih kepengen PCX hahahaha...
BalasHapusNek body besar, masih suka body Vario...
Vario sing apa dulu ini? Kalo vario tekno 110 cbs sih masih oke, tapi lek vario 125 wes gak karu2an menurutku, body belakang berasa kopong antara jok dengan roda belakang. Body gede ban nya kecil. Kliatan aneh malahan :D
HapusMonggo dijadikan referensi juga suzuki hayate ini, dijamin dah eksklusif banget karena jarang yang punya dan kualitas serta kenyamanan diatas kompetitor meskipun teknologi yang di usung masih dibawah kompetitor..
Saya baru beli Hayate bulan 10 kemarin, KM udah sampe 2300, masih inreyen, maksimal baru 70kpj, belum berani narik gas lagi, tarikan bawah berat, tapi kalo udah 40-70 rasanya cepet banget, mantapp..
BalasHapusSaya baru awal bulan desember kemarin mas, matic ini benar2 beda dari matic honda dan yamaha pada umumnya. Sangat sangat stabil diajak manuver, saya juga masih reyen tapi udah main gas pol ajah, udah sering 100 km/jam dan gak ada gejala oleng pada setir maupun ban belakang. Top dah buat suzuki, sayang mindset masyarakat kita masih dibawah bayang2 honda atau yamaha :)
Hapustermasuk irit juga yah ternyata suzuki hayate ini :)
Hapusweh mantep rek
BalasHapushahah pake vespa baru aja bro
Dompetnya yang gak kuat sama harga piaggio terbaru :D
BalasHapusSama bro, saya pake hayate. Beli seken malahan..ga kuat beli baru...hehehe.. Pernah nyicipi vario 125, memang enteng tarikan s/d kecepatan +- 50 km/jam..tapi setelah itu biasa saja. Bensin vario 125 sekitar 1:50. Buat lari sekitar 80km/j sudah oleng. Buat belok agak rebah ga stabil, geol2 mau jatuh. Nahh..kalo hayate tarikan s/d kec 40 km/jam berat, selepas itu jos gandos..sampai 105 km/jam tetap enteng..pengendalian stabil ga ngleyang.. Buat belok agak rebah tetap manut... alias ga buang. Setelah baca refensi sana-sini, akhirnya 3 buah per kopling (per-sentrifugal) tak bikin empuk..cukup direnggangkan pakai obeng tapi harus sama ukuran merenggangkannya..alhasil, tarikan bawah jadi tambah cepet..alias baru gas dikit sudah jalan..ngacir bro... makin cinta ama hayati..eh hayate... :) :) :) oh iya..bensin jadi jauh lebih irit..sebelum melembutkan per sekitar 1:35, setelah pernya dilembutkan menjadi 1:50 (stop and go).... tarik mang.. :D
BalasHapusWah gitu yah, thanks infonya mas..
HapusEmang hayate jos gandos, sayang produk suzuki. coba buatan honda atau yamaha dijamin laku. heheheee....
Brom gimana tuh cara bikin empuk koplingnya ada link tips and triknya mas bro?
Hapuscoba dibaca lebih teliti gan, itu sudah dijelasin "...cukup direnggangkan pakai obeng tapi harus sama ukuran merenggangkannya..."
HapusKebetulan ortu pake skywave, pernah sy pinjam bwt ngantor sehari berhubung motor bebek sy kuncinya hilang krn lupa ditaruh dimana. Krn sdh telat sy tancap gas krn harus istri ngajar pula. Tak disangka tarikannya stabil dikecepatan tinggi. Yg saya salut material bodinya kuat, krn itu motor pernah jatuh tp bodi ga ada yg pecah.
BalasHapuswah, sampai jatuh ya gan?
Hapustapi untungnya agan+motor gak kenapa2..
salut buat skywave, produk suzuki gitu loh
:D
bener banget gan. Hayate ane juga pernah "terbang" lumayan jauh gara2 "kesandung" balok di tengah jalan, Alhamdulillah cuma bengkok footstepnya aja. bodynya cuma gores sedikit :) kekuatan material bodynya jauh2 diatas merk tetangga. hahaha..
HapusMas bro, direview dong konsumsi BBMnya :D
BalasHapusuntuk konsumsi sekitar 1:35 sampai 1:40 gan..
Hapuspernah saya bawak dari lumajang ke gresik+muterin kota gresik jarak total sekitar 180KM cuma butuh gak lebih dari 4 liter bensin asal narik gasnya gak digeber, diurut ajah terus lari gak lebih dari 60km/jam. so hitung sendiri iritnya ya gan :D
lumayan irit untuk motor matic paling berat (bobot) dikelasnya, juga dengan kapasitas mesin 125cc dengan mesin jadul (non injeksi). sayang pihak suzuki kurang promosi tentang "irit" pada berbagai produk roda 2 suzuki
Keren.
BalasHapusPokoknya percaya ama performance Hayate 125 dijamin nggak nyesel.. Tarikan awal emang berat.. Tapi selanjutnya, bawa kecepatan berapa aja yahuddd... Jalan tanjakan suzuki biangnya... Ane pernah coba tanjakan bersama kekasih MIO dan VARIO 125 tapi dibandingkan dengan SPIN, Smash dan sekarang Hayate, kesimpulannya Produk Suzuki paling jagoan dimedan tanjakan.. Dari segi BBM ya relatif 1:35 dibanding RX King kepunyaan ane.. Heehee..
BalasHapusKelemahan Hayate 125 hanya 1 : di setiap lampu merah banyak yangg memperhatikan, kan jadi malu hihihihiihiiiii...
Thanks om, udah mau nambahin kelebihan motor ini :D
Hapussalam kenal bro...ane..lg jatuh hati sama hayate.cuma belum kesampaian,maklum motor lama blm laku buat dp,mudah2n ngk berubah pikiran rencana pgn punya hayate..
BalasHapusHayate paling top dah :D
HapusHmm.
BalasHapuspermisi agan pemilik blog...numpang promosi dikit he3...buat agan2 di jabodetabek yang minat dengan motor hayate ini sudi kiranya mampir di lapak kami www.dealermotorsuzuki.com, buat yang lagi cari mobil seken berkualitas mampir aja di www.mobilbekas99.com
BalasHapusthx mas admin.
akhirnya..laku juga motor jadulku,,kesampaian juga hayate jadi miliku..walaupun kredit..yg penting usaha..hehehe..trims infonya soal hayate..jadi ngk berubah pikiran ambil merek lain..mantap hayate...(bantargebang..boys)
BalasHapusane pake hayate sejak agustus 2011. kelemahannya cmn 1 : kurang promosi
BalasHapusyg pasti pake hayate 125 ga pasaran
mantab gan hayate, cuma kurang teknologinya aja (no injeksi)
BalasHapusWes tau nyobak aku. Podo motore karo nag gambar iku seng tak cobak... hehe
BalasHapusmakasih bro infonya. habis lebaran mau ambil ni motor n gara2 blog ni gue jadi mantep beli hayate. stok nya tinggal satu karena hayate akan ditarik, entah diganti versi yang baru atau ganti merek gue kurang tau.
BalasHapusthx gan, semoga pas gue ambil bulan desember nanti, motor ini belum ditarik dari peredaran :D
BalasHapussalam kenal bro... hayate emang top gan... saya mau nanya oli untuk hayate yang mantaps bagusnya pakai apanya...
BalasHapussuzuki hayate?? saya udah pake sejak juni 2011......kelebihannya ga pasaran coba cek klo lagi antri di lampu stopan.....berapa jumlah motor matic bermerk Hnd dan Ymh...pasti lebih dari 5, dan coba hitung jumlah motor matic bermerk suzuki hayate?? kemungkinan cuma 1 paling banyak 2 (itu saya survey di bandung ya)...kekurangan suzuki hayate suka dilirik dengan ujung mata sama pengendara lain.....sambil bergumam "ih suzuki harga jualnya anjlok"....
BalasHapusterima kasih infonya pak..
BalasHapuskebetulan juga lagi nyari matic yang muat untuk berempat.. :)
Jadi pengen neng yate juga, tanggal 25 kulamar ahhhhhhh.
BalasHapushayate or vario ya? bingung ane nih
BalasHapusKapan hayate fi masuk indonesia
BalasHapusJadi pengen hayate 125 fi.
BalasHapushmm.
BalasHapusimpulse kapan keluar??!!!
BalasHapussecara suzuki yg masih mmpertahankan matic berdeck di indonesia,anak muda jmn skrg lg pada demen matic berdeck tuuhh gra2 virus nouvo,,ini bisa jadi senjata suzuki buat ngelarisin matic tp yg injeksi pastinya,,pasti laku tuh impulse di indonesia!!
juga sekedar masukan aja,jng melulu stiker yg di ubah2,liat pangsa pasarnya,matic identik sama anak muda jaman sekarang,skrg lg demam modivan thailand juga vietnam,bikin tulisan di sticker pake bahasa thailand atau vietnam,di jamin laris karena matic brand lain blum ada yg seperti ini,smoga suzuki jd pencetusnya
BalasHapusWaah ini tulisan masih baru ya, akhir tahun 2014 lalu
BalasHapusané juga lagi niat beli skutik (motor ané sekarang Suzuki Shogun SP 125, ini motor juga enak banget)
Dan pilihan ané kayaknya bakal ambil Hayate, thanks banget mas untuk pencerahannya, cuma sayang ya, setelah liat web resmi Suzuki, koq Hayate yang edisi sekarang ini striping nya enggak banget (menurut saya)
boleeh neech ane cobaa ini matik..bln dpn anee beli deech
BalasHapusokey
BalasHapusmau tanya gan,,ane inih baru beli hayate,gimana sih masalah spareparts?susahgak dicari?atau bisa sepakean ama apa,karna hayate diisukan susah dicari nih parts nya?mohon bantuanya yah suhu
BalasHapusGa sesulit dibayangkan, hayate yg ane pake uda 4 tahun belum ada minta ini itu, cuma baru ganti ban 1 set...
HapusBengkel resmi pasti ada, bengkel komersil jg ada tp ga semua karena masih limited nya hayate ini.
HapusBengkel resmi pasti ada, bengkel komersil jg ada tp ga semua karena masih limited nya hayate ini.
HapusGa sesulit dibayangkan, hayate yg ane pake uda 4 tahun belum ada minta ini itu, cuma baru ganti ban 1 set...
HapusSkydrive juga ga kalah enak bro, wkwkwk
BalasHapusbro ane baru beli suzuki hayate secon ne,,kalo mau ganti per koplingny apa merekny? denger2 bisa bkin irit sama enteng tarikan pertamany
BalasHapusSaya pribadi yg pake hayate ini walaupun saya terima bekas dengan KM 16rb'an puas lah.
BalasHapusKeunggulan atas kestabilan nya di banding matic lain memang oke punya.
Bahan bakar tidak begitu boros, saat ini hayate saya konsumsi pertalite dengan harga 7.450 (klo ga salah) dipake ± 120Km cuma habis ±20.000 - 25.000 saja.
Tapi memang tarikan awal hayate ini terkesan berat, mungkin saya akan mencoba tips setel 3 per kopling seperti komen agan diatas. Barangkali bisa lebih ringan.
Tp setelah kecepatan ±30km/jam tarikan nya enak... Apa lagi pas nyalip mobil uda mepet, gas di betot melejit cuy... Sayang ga bisa jumping mungkin karena kestabilannya yg begitu mantab untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan.
Saya pribadi yg pake hayate ini walaupun saya terima bekas dengan KM 16rb'an puas lah.
BalasHapusKeunggulan atas kestabilan nya di banding matic lain memang oke punya.
Bahan bakar tidak begitu boros, saat ini hayate saya konsumsi pertalite dengan harga 7.450 (klo ga salah) dipake ± 120Km cuma habis ±20.000 - 25.000 saja.
Tapi memang tarikan awal hayate ini terkesan berat, mungkin saya akan mencoba tips setel 3 per kopling seperti komen agan diatas. Barangkali bisa lebih ringan.
Tp setelah kecepatan ±30km/jam tarikan nya enak... Apa lagi pas nyalip mobil uda mepet, gas di betot melejit cuy... Sayang ga bisa jumping mungkin karena kestabilannya yg begitu mantab untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan.
Apakah shockbreaker Hayate sama dengan shockbreaker Skywave baik itu ukuran maupun tingkat keempukannya?
BalasHapusGwn, mau tanya nich. Kemarin saya baru service cvt, ganti vanbelt sama pelornya. Tapi setelah di service tarukannya jafi makin berat. Kira2 kenapa ya gan? Monon masukannya para suhu... Hatur nuhun
BalasHapusAku termasuk penyuka Suzuki tapi baru kesapaian beli bekas skywave yg jelas aku udah kesengsem sejak tes Drive hayate punya temen, biar beda aku ambil skywave sepertinya spesifikasinya mirip
BalasHapus