Kamis, 14 November 2013

Wifi Laptop Tidak Bisa Konek Ke Access Point

Suatu saat wifi laptop tiba-tiba tidak mau konek ke access point. Sungguh menjengkelkan, apalagi bagi penyedia jasa internet wifi. Karena akan dipusingkan dengan masalah apakah access pointnya bermasalah, mikrotiknya yang bermasalah atau wifi pada laptop tersebut yang bermasalah? Bisa jadi mungkin pada waktu menginstall driver wifinya kurang sempurna sehingga membuat wifi tidak bisa bekerja secara optimal. Hal ini saya alami akhir-akhir ini ketika beberapa bulan yang lalu saya memberanikan diri membuka sistem hotspot wifi untuk tambahan pemasukan bagi warnet yang saya kelola yaitu Mirahnet yang berada di kawasan pedesaan Dusun Pentungmangir Desa Kalipepe Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang.

Ada beberapa user wifi yang komplain kalau wifinya tidak bisa konek ke access point. Oia sekedar informasi, saya menggunakan access point TP Link WA5110g. Namun juga banyak user yang mudah saja terkoneksi ke access point. Hal ini membuat saya sebagai maintenance-nya menjadi pening. Pokok permasalahannya ada pada laptop user apa access point yang digunakan. Pucuk dicinta ulam pun tiba, tiba-tiba ada salah satu user yang laptopnya tidak bisa konek ke access point datang ke saya karena laptopnya lemot, minta tolong untuk di install ulang. Kesempatan emas bagi saya untuk mengotak-atik demi mencari tahu dimana letak kesalahan sehingga membuat beberapa laptop tidak bisa konek ke access point. Berikut ini adalah gambar dimana laptop tidak bisa konek ke access point dan muncul pesan peringatan "windows was unable to connect to nama_wifi".

klik gambar untuk memperbesar
Setelah saya install ulang laptop tersebut, ternyata masalahnya belum terselesaikan. Masih tetap tidak mau konek ke access point. Update driver wifi terbaru pun tidak menyelesaikan masalah. Akhirnya didapat kesimpulan ada yang salah dengan settingan access point yang digunakan. Dan setelah access point tersebut di setting lagi dengan beberapa percobaan, akhirnya wifi laptop tersebut mau konek ke access point. Berikut ini cara setting access point yang saya lakukan.

1. Reset access point TP Link WA5110g dengan cara tekan pada bagian belakang access point menggunakan bolpoin atau pensil hingga settingan access point benar-benar tereset seperti pada saat awal penggunaan.

2. Masuk ke menu setting access point TP Link WA5110g dengan komputer menggunakan kabel lan. Pilih quick setup, kemudian klik next.

klik gambar untuk memperbesar
3. Pilih AP kemudian klik next.

klik gambar untuk memperbesar
4. Setelah itu akan masuk ke kolom pengisian. Isikan nama wifi pada kolom SSID, pilih Indonesia pada kolom region, pilih automatic pada kolom channel, dan ini yang penting pilih 11Mbps (802.11b) pada kolom mode, jangan memilih 54Mbps (802.11g). Klik next.

klik gambar untuk memperbesar
5. Maka access point akan restart otomatis, tunggu hingga access point siap digunakan dan sekarang wifi laptop tersebut bisa konek ke access point.

klik gambar untuk memperbesar
Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang mengalami permasalahan yang sama, meskipun beda access point yang digunakan tapi semoga membantu.

*Catatan kecil :
- Menggunakan access point TP Link WA5110g
- Menggunakan windows 7
- Driver wifi sudah terinstall dan wifi bisa konek ke access point yang lain
- Kesalahan terletak pada settingan access point bukan pada wifi laptop tersebut

4 komentar:

  1. emang setingan access point sebelumnya kayak gimana??
    jadi biar bisa tau kesalahan dimana dan bisa diantisipasi orang lain ga ada yang ngalamin hal yg sama..
    makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Settingan sebelumnya menggunakan 54Mbps (802.11g) pada pilihan mode seperti gambar pada nomer 4 diatas. Kurang tahu kenapa ada beberapa laptop yang tidak bisa konek dan muncul pesan error "windows was enable to connect to...".

      Alhamdulillah setelah saya ganti menjadi 11Mbps (802.11b) 3 laptop yang biasanya tidak bisa konek langsung bisa konek. Dan laptop lainnya yang biasanya konek juga tetap bisa konek.

      Hapus
  2. mantaaaaaaaaaaaaaaaaaaap boz...
    terima kasih banyak telah men-share pengalaman sampean...
    sungguh saya berterima kasih, hehehe...
    namun saya tidak mereset router, hanya menset Channel jadi otomatis dan Mode jadi 11 Mbps boz..., hehehe...

    BalasHapus
  3. Q jg mengalami hal yg sama brow.
    Hny saja q tdk smp instal ulang laptop, Ceritanya begini:
    Di 1 tower ada 2 antena,
    Antena 1: omni hyperlink+5110 dan Antena 2: omni tp-link+5110.
    Kedua antena q setting sbg Akses Point,settingan keduanya sama hny beda Chanel saja.
    Ant 1 Chanel 8 dan Ant 2 di chanel 3, Region united states, Mode 54Mbps,
    Pd suatu hari tiba2 laptop dan hp androidku tdk bisa conec pd antena 1: yaitu omni hyperlink+5110 tsb, tp di antena 2: yaitu omni tp-link+5110 laptop dan androidku bisa conec normal, akirnya tanpa pikir panjang, antena 1 q reset dan setting ulang spt sebelumnya, lalu q coba conec wifi,wow dah bisa conec ke laptop dan andoid gumamku, tp wifi tersambungnya laamaaa seekaliii, lalu q coba unt browsing, oh trnyata tdk bisa di pake browsing alias hny diam saja,
    Lalu Kembali q setting lagi dan q amati satu persatu, kali aja ada yg salah pd settinganku, dan trnyata tdk q temukan ksalahan, hingga berulang2 alhasil ttp sama.
    Nah sambil putus asa, q coba pilihan mode yg awalnya 54Mbps q rubah menjadi 11Mbps, kemudian q coba conec wifi, wow ternyata bisa conec lbh cepat, lalu dgn harap2 cemas q coba pake browsing, hemmm trnyata bisa browsing lancar jaya dan lbh ringan/cepat. Dan Hingga saat ini sudah jalan 1 bulan lebih, msh ttp aman2 saja. Lega rasanya brow.
    Cuma Yg bikin q bingung smp saat ini, kenapa bisa begitu..?
    Barangkali untuk para ahli dan pakar wifi bisa memberikan pencerahan. Trim

    BalasHapus

Butuh waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk membuat satu postingan. Tapi hanya butuh waktu 1 menit untuk meninggalkan komentar.