Minggu, 07 Juli 2013

Agar Windows 7 32 Bit Dapat Membaca RAM 4 GB

Postingan ini berawal dari kasus komputer server yang saya gunakan. Dengan spesifikasi RAM 4GB DDR 3 tetapi windows 7 32 bit yang saya gunakan hanya mampu membaca RAM 4GB (used 2,93GB) artinya dari RAM 4GB yang saya pasang, hanya digunakan 2, 93GB. Tidak bisa maksimal 4GB. Setelah cari informasi ternyata Windows 7 32 bit hanya mampu membaca RAM sampai 3GB selebihnya harus menggunakan Windows 7 64 bit. Setelah browsing sana-sini, tanya sana-sini, akhirnya ketemu juga caranya agar Windows 7 32 bit yang saya gunakan bisa membaca RAM 4GB full. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Download tools yang dibutuhkan disini.
2. Setelah berhasil didownload, ekstrak dulu file tersebut.
3. Pertama kali, jalankan software 4GB-7600.RTM.x86.04.08.2009.
klik gambar untuk memperbesar
4. klik pada bagian yang ditandai dengan warna merah pada gambar diatas.
5. Jika berhasil, klik OK.
klik gambar untuk memperbesar
6. Akan muncul peringatan dari kotak command prompt. Ketik Y dan tunggu hingga proses selesai.
klik gambar untuk memperbesar
7. Jika sudah selesai, tekan enter maka komputer akan restart sendiri.
klik gambar untuk memperbesar
8. Pada saat komputer restart dan mau masuk ke windows akan mempunyai semacam 2 OS yang harus dipilih yaitu :
a. microsoft windows [version 6.1.7600] >128 GB memory
b. windows 7
Pilih yang a.
9. Setelah masuk windows dan tampil dekstop, maka dipojok kanan bawah akan muncul semacam tulisan watermark windows build 7600 kalo gak salah (maaf lupa, heheeee.....).
10. Untuk menghilangkan watermark tersebut, masuk ke folder 4GB-7600_RTM_x86__11.11.2009_ dan jalankan software RemoveWatermarkX86 pada file yang sudah didownload tadi. Kemudian tekan Y.
klik gambar untuk memperbesar
11. Tunggu hingga proses selesai, kemudian tekan enter maka komputer akan restart sendiri. Jika tidak restart maka harus direstart secara manual.
klik gambar untuk memperbesar
12. Ketika sedang restart, baca lagi nomer 8. Dan setelah masuk tampilan dekstop, watermark dibagian pojok kanan bawah sudah hilang. Untuk menghilangkan 2 pilihan OS saat komputer restart,maka masuk ke computer properties.
klik gambar untuk memperbesar
13. Klik advanced system settings, dan klik settings pada bagian startup and recovery.
klik gambar untuk memperbesar
14. Pada bagian default operating system, pilih
microsoft windows [version 6.1.7600] >128 GB memory
dan hilangkan centang pada bagian
Time to display list of operating system
klik untuk memperbesar gambar
15. Klik OK dan restart komputer.
klik gambar untuk memperbesar
klik gambar untuk memperbesar
Selamat, OS komputer windows 7 32 bit kalian sudah bisa membaca RAM 4GB full. Semoga postingan ini bermanfaat buat semua...

11 komentar:

  1. makasih bro, bermanfaat banget :D

    BalasHapus
  2. Apakah cara ini juga bisa digunakan untuk ram lebih dari 4gb bang ? Misalnya 6gb dah 4 +2 ?

    BalasHapus
  3. bro aku udah coba semua triknya mulai sofwarenya ampe yg pake cmd tpi gx pernah berhasil ram ane 3gb tpi di win cuma 1gb yg usable padahal udah gue pilih tu "windows saat bootnya" tapi kenyaataanya windows gue gx berubah alias gx ada watermarknya broo gue dah putus asa kalo gak bisa terpaksa ganti win 7 64 bit tolong siapapun bantu ane? maaf ceramah agax panjan lebaar...........

    BalasHapus
  4. ketemu juga postingannya, makasih bang akan saya coba. mari mampir ke blog saya ya meldaoctavia.blogspot.com hehehe :p

    BalasHapus
  5. oia lupa, numpang sedot ya gan saya cantumin linknya kok hehe

    BalasHapus
  6. link nya udh mati, tools nya share lagi dong

    BalasHapus
  7. ane bingung, patchnya udah keinstal bener tapi resolusi monitor ane kaga bisa diubah tetep di 800x600 ga mau ke 1024x768
    cara ngubahnya gimana tuh bang?, udah ane cobain instal driver vga lagi tapi tetep kaga bisa

    BalasHapus
  8. Thanks master ... oia mau nanya untuk laptop jadul seperti dell latitude d630 bisa gak pake ram lebih dari 4gb soalnya cuma ada dua soket ddr2 udah ane pasang masing2 2gb

    BalasHapus

Butuh waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk membuat satu postingan. Tapi hanya butuh waktu 1 menit untuk meninggalkan komentar.