Sabtu, 25 Mei 2013

Browser Tidak Bisa Buka Email Dan Gambar Di Facebook

Hal ini terjadi sekitar 3 hari yang lalu, dimana para user Mirahnet komplain bahwa FB mereka tidak bisa menampilkan foto/gambar. Ada user juga yang komplain tidak bisa membuka email. Merasa aneh, akhirnya saya ke komputer client, dan melihat sendiri browser di komputer client tidak bisa membuak email dan menampilkan foto/gambar di facebook. Saya pun pindah ke komputer server dan mencoba membuka email, ternyata tidak bisa juga. Saya juga membuka facebook saya dan ternyata tidak bisa menampilkan foto/gambar. Terlintas beberapa pertanyaan, ini komputernya yang error apa jaringan speedynya yang lagi trobel yah??

Ketika masuk ke alamat yahoo.com masih bisa tampil seperti biasa.
klik untuk memperbesar gambar
Tapi ketika masuk ke mail yahoo tiba-tiba dialihkan ke halaman google.
klik untuk memperbesar gambar
Ketika masuk ke halaman FB, icon browser terus berputar-putar tanpa henti seolah-olah masih ada proses download untuk halaman browser yang sedang berlangsung. Dan foto/gambar di FB tidak bisa tampil sempurna seperti gambar dibawah ini.
klik untuk memperbesar gambar
 Akhirnya saya tanya ke KOWPK (Kumpulan Operator Warnet Pecinta Kaskus) dan KWI (Komunitas Warnet Indonesia), para master komputer dan jaringan banyak yang ngasih saran untuk melakukan Flush DNS. Sebelum melakukan Flush DNS, saya ubah DNS speedy komputer server menjadi :

Preferred DNS Server : 202.134.0.155
Alternate DNS Server : 202.134.1.10

Setelah itu saya lakukan Flush DNS dengan cara masuk ke command prompt sebagai administrator dan ketikkan ipconfig/flushdns kemudian enter.
klik untuk memperbesar gambar
klik untuk memperbesar gambar
Setelah itu, untuk meyakinkan bahwa Flush DNS bekerja dengan baik, maka clear recent history pada browser yang digunakan. Dan akhirnya, email yahoo bisa dibuka kembali dan foto/gambar dari facebook bisa ditampilkan seperti sedia kala. Semoga bermanfaat...

6 komentar:

  1. its work for me. thanks so much.

    BalasHapus
  2. hatur nuhun, caranya msh bisa bekerja dengan baik, isi email saya jadi bisa ke buka lagi

    BalasHapus
  3. makasih gan infonya bantu banget nih

    BalasHapus
  4. sudah saya coba berulang kali tapi tetap tidak bisa
    di browser mozilla bisa sedangkan di google chrome hanya sebagian saja

    BalasHapus

Butuh waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk membuat satu postingan. Tapi hanya butuh waktu 1 menit untuk meninggalkan komentar.